Kamis, 05 Juli 2012

Resiko mengubah Nama Domain

1 komentar


Halo sobat blogger.. Tahukah kalian bahwa mengubah Domain bawaan dari Penyedia layanan blog gratis seperti namadomain.blogspot.com atau namadomain.wordpress.com atau namadomain.mywapblog.com bisa membawa resiko buat kita? Nah, kali ini saya akan berbagi beberapa resiko yang akan anda terima jika mengubah domain default blog anda ke custom domain. Cekidot !

1. Penurunan alexa rank dan Google pagerank Meredirect Domain default blog kita ke domain custom tentu saja berpengaruh terhadap alexa dan google PR, ini dikarenakan ketika kita mengubah domain blog, blog kita dianggap sebagai blog baru sehingga berpangruh terhadap PR, Namun tenang saja ini hanya terjadi sementara, biasanya dalam waktu 1-3 bulan PR kita akan kembali ke posisi semula.

2. Penurunan kecepatan pengindeksan di Search Engine Apabila Google dan Alexa pagerank menurun tentu saja akan berpengaruh terhadap kecepatan pengindexan search engine. Sebagai contoh, postingan yang biasanya terindex di search engine setelah 1-2 menit setelah postingan di publish, tapi jika kita pindahkan ke custom domain, postingan terbaru bisa membutuhkan waktu 2-3 hari untuk terindex di search engine. Namun masalah ini akan teratasi seiring naiknya PR blog.

3. Kehilangan pembaca melalui Feed Merubah URL blog tentu saja akan merubah alamat feed blog, sehingga kita akan kehilangan pembaca yang telah berlangganan artikel melalui alamat feed blog kita yang lama.

4. Penurunan jumlah pengunjung Ketika mengubah sub-domain lama ke domain baru, google secara bertahap akan berusaha memindahkan alamat blog lama ke alamat blog baru, hal ini dikarenakan blogspot dan mywapblog menggunakan fitur redirect 301 (permanen redirect) ketika kita memasukkan alamat domain baru kita di settingan blogspot atau mywapblog. Jumlah halaman blog lama yang telah terindex di search engine akan dihapus secara bertahap dan di index ulang ke alamat domain blog baru. Pada fase inilah terjadi penurunan pengunjung dari Search Engine.
Jadi, pertimbangkanlah jika ingin mengubah domain anda, apalagi bila anda sudah menggunakan domain default anda sejak lama.

One Response so far

  1. Unknown says:

    misalnya kita udah ganti nama domain yg baru nih...nah kan ketahuan resikonyaa..
    trus kita ubah lagi ke domain yg lama...
    itu gmna mas.???
    bisa kembali seperti semula gak mas...

Leave a Reply

Categories