Minggu, 27 November 2011

Indonesia Produsen Sawit Nomor 1 Dunia

0 komentar

Minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak makan, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi. Minyak sawit dapat digunakan untuk begitu beragam peruntukannya karena keunggulan sifat yang dimilikinya yaitu tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.



Indonesia menghasilkan 47 persen dari produksi minyak kelapa sawit yang dihasilkan perkebunan kelapa sawit di seluruh dunia. Angka itu membuat Indonesia menjadi negara produsen nomor satu dunia.

Menurut data lembaga independen internasional Oil World yang diterima di Jakarta, Senin (8/11), setelah Indonesia, negara yang berada di posisi kedua adalah Malaysia dengan produksi 39 persen minyak kelapa sawit global.
Semenjak era orde baru perluasan areal penanaman digalakkan, dipadukan dengan sistem PIR perkebunan. Perluasan areal perkebunan kelapa sawit terus berlanjut akibat meningkatnya harga minyak bumi sehingga peran minyak nabati meningkat sebagai energi alternatif.
Pada 2010, produksi kelapa sawit global diperkirakan mencapai 46 juta ton dengan total area yang digunakan untuk menanam kelapa sawit di seluruh di dunia diperkirakan mencapai 12 juta hektare, sebagian besar berlokasi di Indonesia dan Malaysia. Perkebunan kelapa sawit yang memperoleh sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) berlokasi di Sumatra, Kalimantan, dan Papua Nugini.
Oil World juga memaparkan bahwa minyak kelapa sawit kini telah menjadi minyak nabati dunia paling penting. Di antara seluruh jenis produksi minyak nabati, kelapa sawit berada di posisi teratas (30 persen), yang diikuti kedelai (29 persen), biji rape (14 persen), bunga matahari (8 persen), dan lainnya (19 persen).
Short Term Energy Outlook International Energy Administration (US-DOE) memproyeksikan  harga WTI tahun 2011 USD 83.50/bbl. Sementara itu harga Indonesia tahun lalu USD 2/bbl. Dengan pertimbangan tersebut, Indonesia mentargetkan harga minyak sawit untuk tahun 2011 sekitar USD 75 – 90/bbl.
Semoga Bermanfaat ^^ Jangan lupa LIKE + COMMENT + FOLLOW ya gan sist !! :D

    Leave a Reply

    Categories